10 Langkah Memulai Usaha Membangun Konveksi Jersey Futsal Sendiri

Konveksi Jersey Futsal merupakan sebuah usaha dalam memproduksi pakaian futsal dalam jumlah banyak. Usaha konveksi ini termasuk jenis usaha industri rumah tangga dalam skala kecil, walaupun usaha konveksi ini termasuk jenis usaha skala kecil, tetapi Anda harus siap untuk memproduksi dalam jumlah selalu stabil menyesuaikan permintaan pasar. Apalagi Futsal merupakan olah raga favorit generasi milineal dengan umur 20-35 tahun.

Bedasarkan hasil survey Nasional Alva Research Center, sebanyak 72,9% anak muda mengaku menyukai kegiatan olah raga Futsal. Bedasarkan hasil survey tersebut permintaan pasar Jersey Futsal akan meningkat, Setiap club futsal membutuhkan baju futsal sebagai identitas tim Mereka. Hal ini merupakan peluang Anda untuk membuka usaha Konveksi Jersy Futsal.

Untuk memulai usaha banyak hal yang harus Anda pertimbangkan, terutama masalah kerugian, kerugian dalam berusaha bisa dihindari dengan mempersiapkan diri sebelum memulai usaha, salah satu cara adalah mencari informasi-informasi yang berhubungan dengan usaha Konveksi Jersi Futsal. Berikut 10 langkah memulai usaha membangun konveksi Jersey Futsal sendiri

  1. Manfaatkan lahan yang sudah ada

Anda sebagai pemula dalam usaha konveksi Jersey Futsal bisa menghemat biaya dengan memanfaatkan suatu ruangan kosong atau ruangan kecil di rumah sebagai tempat khusus untuk mesin jahit dan meja kerja Anda. Anda tidak usah pusing memikirkan modal yang harus dikeluarkan untuk membeli atau menyewa suatu tempat untuk memulai usaha Anda.

  1. Persiapkan modal

Modal awal yang dibutuhkan dalam bisnis ini adalah mesin jahit, untuk menjahit pakaian berbahan dasar kaos seperti untuk Jersey Futsal, dianjurkan menggunakan mesin jahit High Speed. Mesin jahit ini memiliki kecepatan jahitan 5000 jahitan per menit. Selain mesin jahit, alat-alat lain yang harus disediakan adalah: mesin potong kain, mesin press untuk sablon, meja kerja, komputer untuk desain dan setting gambar, digital printing. Modal kain dan benang bisa Anda perhitungkan setelah ada pesanan.

3.Carilah beberapa pekerja lain yang bisa diajak kerja sama

Kerja sama bisa dalam bentuk material penyediaan bahan. Jika Anda bekerja sama dengan penyedia bahan, Anda bisa mendapatkan harga yang lebih murah dari harga biasanya di pasaran. Selain itu cari orang yang membutuhkan hasil konveksi Anda seperti grosir di pasar, cara ini bisa membantu anda untuk mendapatkan pelanggan tetap dan bertujuan untuk mengurangi resiko kerugian.

  1. Buat desain Jersey Futsal sendiri

Desain Jersey Bola bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan aplikasi Coreldraw, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan sangat cocok untuk membuat desain seperti: desain logo, penempatan nama dan nomor punggung, dll. Selain itu aplikasi Coreldraw mampu mendesain Jersey Futsal yang rumit dengan corak dan motif yang terkenal banyak menjadi sangat mudah dikerjakan.

  1. Buat desain yang unik dan berkualitas

Harga tidak harus mahal, tetapi buatlah lebih kreatif dan unik. Masyarakat sekarang membeli produk yang berkualitas dan tidak pasaran. Dengan Anda tampil kreatif dan unik usaha Anda akan mampu bersaing dengan pengusaha lainya.

  1. Sediakan digital printing

Digital printing lebih mudah digunakan bagi pemula dari pada menggunakan sablon manual. Sablon dengan menggunakan digital printing hanya dicetak gambar yang sudah didesain kemudian hasil cetakan diletakkan ke atas kaos, lalu press dengan mesin press antara 30-60 detik, proses sablon dengan menggunakan digital printing selesai.

Sementara sablon manual cara kerjanya lebih rumit, ada beberapa alat khusus yang harus dipersiapkan seperti: screen (untuk mencetak gambar), rakel, meja sablon, lampu afdruk, papan kaos dan noken. Digital printing pengerjaanya sangat mudah dan praktis, bagi Anda yang memulai usaha konveksi ini sendiri sebaiknya menggunakan digital printing untuk sablonnya.

  1. Pertimbangkan harga

Jika Anda ingin usaha Anda berkembang, pertimbangkan dan tetapkanlah harga sesuai dengan harga saingan dipasaran. Cara menentukan harga jual Anda lakukan survey dengan melihat harga kompetitor sebagai perbandingan harga untuk Anda. Menentukan harga jual ini merupakan salah satu cara Anda untuk mengatur strategi menghadapi kompetitor.

  1. Tawarkan pakaian jadi

Selain Anda memproduksi Jersey Futsal mulai dari bahan mentah, coba juga produksi baju yang sudah jadi. Anda sablon dengan desain Anda sendiri. Tujuanya untuk menyeimbangkan pendapatan Anda jika suatu saat usaha anda mengalami penurunan penjualan.

  1. Atur strategi pemasaran dengan matang

Dalam dunia bisnis pasti ada persaingan, jika Anda tidak mengatur strategi pemasaran hasil produksi Anda dengan matang, Anda bisa mengalami kerugian dan pesaing Anda akan mengalami keuntungan.Target pasar yang jelas sangat membantu Anda dalam mempromosikan hasil produksi Anda.

  1. Optimalkan promosi

Promosikan produk Anda secara online maupun offline. Manfaatkan semua media sosial untuk mempromosikan produk Anda atau manfaatkan website online seperti Tokopedia, Shopee, Bukalapak. Selain promosi online Anda juga harus melakukan promosi offline karena tidak semua konsumen memiliki waktu untuk mencari website Anda, tidak semua konsumen menggunakan internet. Anda juga perlu menyebarkan informasi kepada target pasar yang potensial untuk menjual produk Anda.

Demikianlah langkah-langkah yang bisa diterapkan dalam memulai usaha membangun konveksi Jersey Futsal sendiri, setiap usaha pasti ada tantanganya,dengan niat dan memiliki rencana serta strategi yang matang Anda pasti bisa melewati semua tantangan tersebut. Tetaplah berkarya, berikan hasil karya yang unik dan kreatif supaya Anda mampu bersaing dengan pengusaha-pengusaha konveksi Jersey Futsal lainnya.

 

Leave a Comment

5 + seventeen =